Ini Dia Cara Menabung Ala Masyarakat Old Yang Masih Eksis Di Jaman Now

Ini Dia Cara Menabung Ala Masyarakat Old Yang Masih Eksis Di Jaman Now

Sebagian besar masyarakat jaman now sudah terbiasa dengan kegiatan menabung. cara menabung jaman now dengan old tentunya memiliki perbedaan mendasar yaitu dari segi bentuk dan tempat menabungnya. Segi bentuk uang saat ini tidak hanya dalam bentuk kertas tapi bisa jadi bentuk transformasi lebih banyak kita temui karena masyarakat selalu mengikuti trend baik dalam hal keuangan maupun produk seperti permata, kalung, rumah, maupun motor.

Disamping itu, banyak sekali bentuk transformasi uang sehingga sangat mungkin bentuk cara menabung juga mengalami pergantian dengan melihat dari segi ketahanan bnetuk transformasi uang itu sendiri dan penyimpanannya. Kebanyakan masyarakat now lebih memilih menginvestasikan uang yang dimiliki dengan barang-barang berharga agar lebih mudah dalam penjagaan dan merawatnya. Namun, bukan berarti menabung dengan cara tradisional ditinggalkan begitu saja.

Masih banyak masyarakat yang masih melestarikan kegiatan menabung secara manual terutama bagi masyarakat yang masih belum terjaring akses bank sehingga terpaksa tetap menyimpan uang dengan cara menabung di tempat atau barang yang sekiranya dianggap aman. Berikut beberapa barang tradisional yang samapai saat ini amsih dipakai sebagai tempat menyimpan uang.

Celengan jago, penyimapanan uang dengan cara tradisional dan masih digunakan sampai saat ini salah satunya adalah celengan dengan bentuk ayam jago. Celengan dengan bentuk ini sangat familiar karena bentuknya yang unik dan menarik. Cara menabungnya pun biasanya dimasukkan lewat lubang kecil memanjang di bagian tengkuk ayam. Celengan ini sangat fenomenal mungkin memiliki filosofi karena dianggap binatang yang selalu bangun lebih pagi dan diyakini mencari rejeki lebih awal dalam mengumpulkan uang dibandingkan binatang lain sehingga jago sering dibuat bentuk celengan.

Celengan bambu, bambu merupakan tumbuhan serbaguna selain dapat di konsumsi sebagai makanan dari tunasnya. Bambu yang berumur lebih tua dapat digunakan sebagai properti seperti penyangga, tembok anyamanan, kursi dan meja. Selain itu, bambu dapat difungsikan sebagai media untuk menyimpan uang berupa uang receh maupun uang kertas dengan memberi lubang kecil memanjang terlebih dahulu. Cara menabung dengan menggunakan celengan ini biasa digunakan masyarakat old untuk mengantisipasi terjadinya pencurian dan mudah menyimpannya.

Kendi, cara menabung tradisional dapat dilakukan dengan memanfaatkan kendi sebagai media tabungan. Kendi biasa dimanfaatkan untuk tempat minum bagi masyarakat pedesaan. Namun, sering pula dimanfaatkan untuk menabung uang koin. Hal ini dianggap cara hemat dan praktis untuk penyimpanan di tempat gelap. Kendi dimanfaatkan sebagai tabungan karena bentuk perutnya yang menggelembung sehingga dapat menyimpan koin dalam jumlah banyak. Paralon,yang biasa kita lihat sebagai saluran air baik yang berukuran sedang maupun besar dapat dimangaatkan untuk menyimpan uang. Namun, apabila memanfaatkannya perlu penutup dikedua lubangnya dengan tutupkaleng yang seukuran.