Tips Memilih Produk Asuransi untuk Jaminan Pendidikan Anak

Kesadaran orangtua akan asuransi pendidikan semakin tinggi. Hal ini tidak lepas dari karena tingginya biaya pendidikan di Indonesia. Supaya anda sebagai orangtua tidak salah mendaftar, maka ada beberapa hal yang harus jadi pertimbangan. Lewat produk asuransi pendidikan ini, kepastian mengenai masa depan anak menjadi lebih terjamin. Bila anda sudah memiliki anak, jaminan untuk pendidikan menjadi sesuatu yang sangat penting. Tetapi sebelum memutuskan asuransi mana yang cocok, maka ada baiknya untuk mengetahui sejumlah fakta di balik asuransi pendidikan. Beberapa hal di bawah ini akan lebih membantu anda untuk memilih asuransi pendidikan bagi anak.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Saat Mendaftar Asuransi Pendidikan

Sebelum memutuskan mendaftar asuransi pendidikan, anda harus tahu terlebih dahulu bahwa produk keuangan yang satu ini berbalut investasi. Berarti, sebagian premi yang dibayarkan tertanggung dikelola oleh perusahaan asuransi dengan ditempatkan pada sejumlah instrument investasi seperti saham. Maka dari itu, hasil realisasi investasi sangat bergantung pada kondisi pasar keuangan itu sendiri. Bila hasil investasi baik maka perolehan tertanggung tinggi, pun demikian sebaliknya. Lalu pada 5 tahun pertama kepemilikan asuransi, biasanya potongan yang dibayarkan untuk agen cukup tinggi. Agen asuransi memang tidak mendapatkan gaji dari perusahaan, yang mereka dapatkan adalah potongan premi dari pihak tertanggung. Di tahun-tahun awal ini anda jangan kaget jika melihat dana yang disimpan nilainya lebih kecil dari perkiraan sebelumnya, semua karena potongan premi yang cukup besar.

Pada produk asuransi lain, perlindungan akan aktif ketika pihak tertanggung mengalami risiko misalnya asuransi kendaraan yang akan aktif ketika pihak tertanggung mengalami kecelakaan lalu lintas yang membuat kendaraannya rusak. Asuransi pendidikan juga demikian. Manfaat uang pertanggungan akan segera cair jika, misalnya, orangtua pencari nafkah meninggal. Hal ini berbeda dengan produk tabungan pendidikan. Pada produk tabungan yang dilindungi dengan asuransi jiwa ini, perusahaan asuransi akan terus membayar premi hingga polis jatuh tempo. Jadi misalnya perusahaan memiliki jangka waktu 10 tahun dengan premi per bulan mencapai Rp 1.000.000,- maka perusahaan wajib untuk melanjutkan pembayaran premi senilai Rp 1.000.000,- hingga polis jatuh tempo di tahun kesepuluh.

Selanjutnya dalam asuransi pendidikan, pemegang polis berhak untuk mendapatkan manfaat perlindungan/rider pada asuransi miliknya. Asuransi yang satu ini jenisnya adalah asuransi jiwa, maka rider yang ditawarkan antara lain seperti proteksi cacat tetap hingga asuransi kesehatan. Sebenarnya rider bisa-bisa saja menambahkan rider pada polis. Tetapi pertimbangan lebih dulu terhadap mendesak atau tidaknya penambahan manfaat. Misalnya jika sudah memiliki asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan, maka menambah rider asuransi kesehatan sepertinya kurang bijak. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dari keluarga anda sendiri.

Ketika anda berhadapan dengan agen asuransi, anda sebaiknya jangan malu untuk bertanya mengenai promo maupun diskon yang diperoleh. Kebijakan masing-masing perusahaan asuransi memang berbeda-beda. Namun ada kalainya promosi seperti ini diberikan mengingat persaingan antar perusahaan yang ketat. Promo yang dimaksud seperti pengurangan biaya premi ketika mendafatar untuk dua orang atau lebih. Jika dalam menyekolahkan anak anda kekurangan biaya, maka tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengajukan pinjaman KTA. Bisa juga dengan mengakses pinjaman lunak dari kantor, atau menggunakan sebagian dana Jaminan Hari Tua (JHT). Tentunya asuransi pendidikan juga menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjamin pendidikan anak di masa depan.