Ulasan Seputar Harga Aki Kering Motor Berkualitas dan Perawatannya Pada Kendaraan Agar Tidak Mudah Bermasalah

Ulasan Seputar Harga Aki Kering Motor Berkualitas dan Perawatannya Pada Kendaraan Agar Tidak Mudah Bermasalah

Keberadaan aki di dalam sebuah kendaraan baik itu mobil maupun motor memang memiliki peran yang sangat penting, karena digunakan untuk menyimpan energi listrik. Setiap kendaraan dibekali dengan beberapa komponen pendukung, seperti diantaranya adalah lampu yang dipakai untuk menerangi jalan ketika berkendara di malam hari, kemudian juga ada klakson dan sebagainya, semuanya membutuhkan sebuah energi untuk bisa hidup, yaitu berasal dari aki, sehingga jika sudah mulai habis bagian-bagian tersebut akan menunjukkan gejala seperti mati. Tentu harus segera diganti dengan yang baru. Kini banyak yang menjatuhkan pilihan pada jenis aki kering, harga aki kering motor sendiri memang sedikit lebih mahal di pasaran.

Namun beberapa alasan memang membuat masyarakat tetap setia untuk memakai produk tersebut, diantaranya adalah kualitasnya yang lebih baik dalam menghantarkan listrik, juga daya tahannya yang lebih lama. Bisa dipakai sampai berbulan-bulan, bahkan satu tahun, tergantung dari tingkat penggunaan kendaraan itu sendiri. Bahkan bukan hanya itu meskipun harga aki kering motor ini tergolong lebih mahal. Namun jika dihitung-hitung dengan lamanya waktu penggunaan, maka Anda bisa mendapatkan biaya pengeluaran yang lebih hemat dibandingkan dengan memakai aki basah atau cair biasa.

Agaknya konsumen sendiri juga harus lebih selektif dalam memilih, mengingat tidak semua produk yang dijual di pasaran jaminan asli, banyak juga yang menjualnya dalam bentuk rekondisi, harga memang lebih murah, namun kualitasnya jelas jauh berbeda dengan yang asli. Agar aki kendaraan Anda tetap tahan lama dan tidak mudah rusak, maka ketahui juga beberapa tips perawatannya berikut ini:

  1. Ketika memanasi kendaraan, maka usahakan menjaga tegangan baterai, sudah menjadi rutinitas harian, entah itu Anda akan memakai kendaraan tersebut ataupun tidak pastinya ada keharusan untuk selalu memanasi sehingga membuat performa mesin lebih optimal. Guna membuat kondisi aki tetap berfungsi secara optimal, maka jaga tegangan baterai, karena terminal baterai ini berhubungan secara langsung dengan arus aki tersebut, jika tegangannya tidak normal menyebabkan aliran listrik dari aki semakin lama semakin turun.
  2. Bersihkan permukaan baterai tersebut dari kerak, pemakaian dalam jangka waktu lama memang memungkinkan kerak untuk menempel di bagian atas permukaan dari baterai tersebut, hal ini tentunya akan sangat menghambat aliran listrik yang keluar, sehingga membuat kendaraan susah untuk dihidupkan, untuk itu pastikan senantiasa membersihkannya dari kerak membandel, namun pastikan proses pembersihan dilakukan dengan benar, karena jika salah ada kemungkinan kotoran justru akan menempel pada katup, sehingga bertambah parah.
  3. Hindari membebani kendaraan dengan komponen listrik yang berat, pemasangan aksesoris sering kali dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan tampilan kendaraan yang lebih keren, salah satu diantaranya yang paling sering adalah memasang lampu LED dengan kebutuhan daya yang tinggi. Secara tidak sadar hal ini sebenarnya hanya akan semakin membebani aki Anda karena dipaksa bekerja menyuplai kebutuhan listrik tinggi.
  4. Selalu memastikan kebersihan bagian terminal aki tersebut, karena jika sampai tersumbat atau terhalang oleh kotoran sudah pasti menyebabkan kinerjanya tidak akan lancar.

Pastinya jika kondisi kelistrikan berjalan dengan baik, maka kendaraan Anda juga akan bisa digunakan secara lebih nyaman. Konsumen juga patut pilah-pilih pemakaian jenis aki yang berkualitas, karena sangat mempengaruhi kinerja kedepannya. Belilah aki kering jika ingin yang lebih praktis tidak sering gonta-ganti, harga aki kering motor memang lebih mahal, namun sesuai dengan kualitasnya.